Tips Beriklan Di Instagram Ala Paul Webster

By Trip Riau  |  09 Januari 2017 11:38:09 WIB  |  News

Beriklan di Instagram bisa jadi pilihan untuk promosikan usaha Anda. (Internet)

TRIPRIAU.com - Dewasa ini, perkembang social media berbasis instagram memasuki era baru. Yang awalnya hanya digunakan sebagai situs berbagi foto dan video singkat, kini berubah menjadi salah satu alat penunjang dunia bisnis yang sangat potensial.

Hal ini dapat dilihat dari banyak pelaku usaha yang mempromosikan atau mengiklankan produk mereka melalui instagram. Tetapi, demi mendapatkan iklan yang menarik dan menjual, para pelaku usaha dituntut kreatif dan paham dengan keadaan pasar sehingga konten yang dihasilkan selaras dengan tujuan bisnis.

Dikutip dari Marketeers.com, Brand Development Lead, Instagram Asia Pacific, Paul Webstermembagikan tips dalam menggunakan instagram sebagai platform bisnis. Seperti apa?

Pertama, mulai dengan tujuan bisnis yang jelas dan dapat terukur serta sebuah konsep yang kreatif.

Iklan yang menarik di instagram adalah yang memiliki konsep visual kuat dikaitkan dengan tujuan bisnis yang jelas. Baik itu untuk branding, konversi kanal online, atau mendongkrak penggunaan aplikasi yang lebih spesifik, konsep-konsep kreatif harus sejalan dengan tujuan kampanye.

Kedua, hias konten dengan tampilan dan feel yang relevan dengan brand. Mempertahankan konsistensi brand yang kuat melalui kampanye-kampanye dengan membangun elemen – elemen penghubung antara gambar dan video – seperti palet warna yang dapat diidentifikasi, komposisi atau gaya fotografi – untuk membuat brand tersebut lebih dikenal. Anda pun bisa menyertakan brand namun dengan cara yang halus.

Ketiga, fokuslah untuk bercerita melalui visual. Foto dan video yang bagus akan memperkuat hasil yang ingin diraih. Lihatlah pada instagram feed Anda sebagai gambaran besar dan lihat akun Anda sebagai keseluruhan dibandingkan dengan gambar yang terpisah-pisah. Ikuti tema ataupun gaya yang cocok dengan tujuan brand Anda.

Jika telah melakukan semua itu, maka saatnya bagi merek untuk mengukur efektivitas kampanye marketing yang telah dilakukannya.

Paul melanjutkan, para pengiklan akan memiliki akses langsung ke metrik dan informasi melalui advertising dashboard pada Ads Manager and Power Editor. Pada dashboard, pengiklan dapat mengakses reporting mengenai Ad Recall saat menggunakan Brand Awareness Objective.

Paul menambahkan bahwa brand yang paling sukses di platform ini adalah yang mampu berbagi gambar dengan cara bercerita dan menciptakan koneksi emosional serta tetap konsisten dengan tampilan dan Instagram Feed.

Paul menggarisbawahi, konten yang indah dengan kesan yang kuat tidak selalu membutuhkan investasi yang besar untuk pemotretan. Sebab, para Instagrammer sudah diberikan bantuan editing foto dan filter sederhana yang tersedia di perangkat bergerak mereka.

Penulis: Roby Juliasmara

Editor: Rio Sunera



Tags:  -