Ayo ke Riau

Digelar 28 Januari 2017, Begini Fakta Unik Festival Perang Air di Riau

By Trip Riau  |  11 Januari 2017 12:01:52 WIB  |  News

Perang air di Selatpanjang. (Dinas PariwisataI

TRIPRIAU.com – Riau memiliki sebuah tradisi unik bernama Festival Perang Air atau Cian Cui dalam bahasa Tionghoa. Festival ini digelar sekali dalam setahun di kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti.

Tahun ini Festival Perang Air kembali digelar. Persisnya pada tanggal 28 Februari, bertepatan dengan perayaan imlek, hingga 2  Februari. Nah, berikut beberapa fakta unik tentang Festival Perang Air:

1. Berawal dari tradisi masyarakat Tionghoa

Perang air merupakan tradisi yang sudah berkembang cukup lama di kalangan masyarakat Tionghoa Selatpanjang. Namun, baru dalam beberapa tahun ini menjadi iven pariwisata yang mendatangkan cukup banyak wisatawan mancanegara.

Iven ini juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perayaan imlek.

2.Selain di Riau, juga ada di Thailand dan Myanmar

Tidak banyak tradisi perang air di negara-negara dunia. Selain di Riau, di Asia Tenggara tradisi perang air bisa dijumpai di Thailand dan Myanmar.

Di Thailand tradisi ini bernama Songkran Festival. Sementara di Myanmar bernama Thingyan Festival. Uniknya, bila Songkran festival dan Thingyan Festival hanya digelar selama masing-masing 4 dan 3 hari, Festival Perang Air di Selatpanjang digelar selama 6 hari.

3. Tahun lalu dikunjungi sekitar 20 ribu wisatawan

Tahun 2016 lalu, menurut catatan Dinas Pariwisata Riau, setidaknya 20 ribu wisatawan datang ke Selatpanjang selama perayaan berlangsung.

Selain wisatawan domestik, sebagian besar mereka merupakan warga perantauan asal Selatpanjang yang berasal dari berbagai negara. Seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan juga Macau.

4. Digelar selama 6 hari berturut-turut

Pada tahun ini Cian Cui digelar selama 6 hari berturut-turut, yakni mulai 28 Januari hingga 2 Februari 2017. Festival Perang Air melibatkan ribuan orang yang berbaur bersama dalam suasana riuh. Waktu pelaksanaan perang air sekitar pukul 15.30 sampai 18.00 WIB.

5. Dihadiri Gubernur Riau dan Tim Kementerian Pariwisata

Tahun ini dikabarkan, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan tim dari Kementerian Pariwisata akan hadir dalam pembukaan festival tersebut.

Gubernur Riau akan ikut perang air dan membaur bersama masyarakat menggunakan becak.

Penulis: Rio Sunera  

 

 



Tags:  -