Rahasia Sukses Pondok Patin HM Yunus

By Trip Riau  |  13 Januari 2017 08:50:29 WIB  |  Business

Pondok Patin HM Yunus yang berada di kawasan Marpoyan, Pekanbaru. (Dok.tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Pondok Patin HM Yunus menjadi salah satu tempat makan ikonik di Pekanbaru. Rumah makan yang menyuguhkan menu khas ikan patin ini begitu legendaris. Tidak hanya bagi orang-orang Pekanbaru, tapi juga para pelancong yang datang ke kota ini.

Pondok Patin HM Yunus mulai dirintis tahun 1980-an oleh HM Yunus sendiri. Sempat berpindah-pindah tempat sebelum akhirnya menetap di kawasan Marpoyan, Pekanbaru.

Pondok Patin HM Yunus bermula dari kedai makan kecil dengan satu buah meja di Jalan Riau. Sempat juga mengusung merek dagang ‘Usaha Baru’.

Rahasia sukses Pondok Patin HM Yunus ternyata cukup sederhana. HM Yunus menerapkan prinsip yang selalu diajarkan orang-orang tua dulu. Seperti adanya kemauan, sabar, hingga sikap disiplin.

‘’Sebenarnya kuncinya simpel. Kita harus ada kemauan, sabar. Makanya kita dididik untuk sabar. Selain itu disiplin, kalau gak disiplin gak bisa menikmati seperti sekarang,’’ kata Rizky, anak ke-3 HM Yunus menceritakan kisah perjuangan orang tuanya merintis bisnis.

HM Yunus punya kisah hidup yang cukup menarik. Dia sering melanglang buana bekerja di berbagai tempat. Pernah juga sampai ke Kepulauan Riau untuk menjual rempah. Uniknya, dia selalu bekerja di tempat orang-orang hebat.  

‘’Itu tujuannya supaya beliau bisa belajar. Jadi bapak memang sengaja bekerja di tempat orang-orang hebat,’’ sambung Rizky.

Berbagi dengan sesama juga menjadi nilai penting Pondok Patin HM Yunus dalam menjalankan bisnisnya. Berbagi dengan orang yang kurang beruntung serta masyarakat di sekitar lokasi usaha selalu rutin dilakukan.

Penulis: Rio Sunera 



Tags:  -