Sulitnya Mencari Kuliner Melayu di Siak Sri Indrapura

By Trip Riau  |  16 Januari 2017 11:36:05 WIB  |  News

Kuliner khas melayu di salah satu rumah makan melayu di Siak Sri Indrapura. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Seorang wisatawan dari Pekanbaru, Alfian (33) mengeluh saat berada di kota Siak Sri Indrapura. Dia sulit sekali menemukan rumah makan yang menyuguhkan menu khas melayu. Padahal, menyantap hidangan tradisional melayu seakan jadi momen wajib saat menginjakkan kaki di Siak Sri Indrapura, yang punya slogan ‘The Truly Malay’.

Hal tersebut dialami Alfian saat berwisata akhir pekan kemarin di Siak Sri Indrapura. Pelaku usaha di Pekanbaru ini datang bersama istri dan tiga anaknya.

Puas berkeliling kota Siak Sri Indrapura yang cantik dan rapi, Alfian kemudian mampir ke kawasan di sekitar kelenteng dan water front city. Kawasan ini sekarang makin indah dengan beragam polesan dari pemerintah daerah.

‘’Agak sulit, ya, cari rumah makan melayu di sini. Pas mutar-mutar naik mobil juga gak kelihatan. Setelah bertanya, baru ada yang kasih petunjuk,’’ ujar Alfian menceritakan kisahnya.

Seorang penduduk lokal kemudian mengarahkan Alfian menuju salah satu rumah makan melayu yang berada di ujung kampung pecinan.

‘’Katanya, itu salah satu rumah makan yang cukup lama hadir si Siak. Lokasinya tak jauh dari Istana Siak, dekat taman (Tengku Mahratu),’’ katanya.

Kejadian seperti yang dialami Alfian sebenarnya banyak dikeluhkan para wisatawan yang datang ke Siak Sri Indrapura. Memang tak mudah menemukan rumah makan melayu di kota itu. Selain jumlahnya yang memang tidak banyak, panduan lokasinya pun minim.

Padahal, Siak begitu lekat dengan kebudayaan melayu. Bahkan, kebudayaan melayu menjadi daya tarik utama kota yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan darat dari Pekanbaru ini.

Tapi, identitas tersebut seakan hilang saat bicara tentang kuliner melayu. Padahal banyak sekali wisatawan yang datang ke Siak ingin mencicipi kekhasan kuliner melayu. Baik berupa makanan berat, maupun jajajanannya.

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -