Komunitas Riau Guitarist, Wadah Bagi Para Pecinta Gitar di Pekanbaru

By Trip Riau  |  17 Januari 2017 16:14:12 WIB  |  Community

Komunitas Riau Guitarist. (instagram)

TRIPRIAU.com - Pekanbaru memang bukan dikenal dengan kota para musisi atau seniman musik, kendati demikian banyak tumbuh komunitas-komunitas pecinta seni dan musik di kota ini.

Salah satunya yaitu Komunitas Riau Gitarist (RIG), yang merupakan komunitas seni bagi para pecinta dan penikmat gitar yang berdomisili di Pekanbaru.

Komunitas yang berdiri dari awal tahun 2014 ini bertujuan untuk merangkul para gitaris-gitaris dari segala usia dari semua kalangan di Pekanbaru. Selain sebagai tempat silaturahmi, Komunitas Riau Gitaris ini juga sebagai wadah penyaluran bakat bagi pecinta alat musik khususnya gitar.

Para pecinta gitar ini juga memiliki berbagai macam kegiatan rutin kumpul bersama yang digelar sekali dalam seminggu.

Didalamnya mereka biasanya mengisi dengan kegiatan coaching clining (latihan bersama), dan berbagi pengalaman sekitar pengetahuan tentang teknik bermain gitar. Kemudian komunitas RIG ini juga sering mengadakan Clinik Gitar, Skala Gitar, untuk berbagi ilmu seputaran genre musik baik itu Jazz, Blues, Rock dan lain-lain.

Para anggota Komunitas Riau Guitarist.

“Visi dan misi dari komunitas ini yaitu mengajak teman-teman yang hobi gitar untuk bergabung di komunitas RIG ini. Di Komunitas ini kita bisa berbagi seputar edukasi bermain musik khususnya gitar, menambah wawasan tentang musik, bisa menambah teman dan kegiatan bersosialisasi,” ujar Iin Jenny, salah satu anggota RIG.

Salah satu kegiatan positif dari komunitas ini yaitu, pernah mengadakan event untuk acara amal penggalangan dana sosial seperti, penggalangan dana untuk korban Rohingya dan gempa Aceh.

‘’Acara dibuat panggung gitar, meminta sumbangan bagi relawan, dan dana yang terkumpul akan di serahkan untuk korban bencana,’’ tambahnya.

Untuk jumlah anggota, saat ini RIG memiliki lebih dari 100 orang anggota yang bergabung. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja swasta dan lain-lain. “Untuk anggota disini terbuka untuk umum, tidak ada batasan usia ataupun latar belakang pekerjaannya,’’ kata Jenny.

Penulis: Ismarwan

Editor: Rio Sunera



Tags:  -