Indahnya Pantai Solop, Tenar Berkat Nyanyian Sang Mantan Gubernur

By Trip Riau  |  25 Januari 2017 10:46:55 WIB  |  Wisata Riau

Pantai Solop.(IG Rahmat Hidayat)

TRIPRIAU.com – Pantai solop merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Indragiri Hilir,Riau. Pantai Solop memiliki pemandangan yang cukup mengesankan.Pasir putih, yang dikenal dengan Pasir Sirsak atau Pasir Sersah terhampar di sepanjang bibir pantai.

Pantai Solop dikelilingi oleh hutan bakau yang lebat.Berada di Desa pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir.

Pantai ini pernah dipopolerkan oleh mantan gubernur Riau HM, Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin dengan tarian khas melayu yang dikenal dengan lagu Zapin Pantai Solop.Lagu ini juga dikenal sebagai lagu pengiring senam kesegaran jasmani di masa kepemimpinan Rusli Zainal.

“Pasirnya sersah kilau gemilau, serpihan kulit satwa lautnye, Bermain ombak aduhai tercelah bakau, terhampar putih eloknye bagai permate,” begitu sepenggalan lirik lagu yang dilantunkan oleh mantan Gubernur Riau Rusli Zainal menggambarkan keindahan Pantai Solop.

Pantai Solop berada dibagian timur pulau Sumatra yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan kota Tembilahan dengan kota-kota yang lainnya.

Jalur transportasi laut Tembilahan juga menghubungkan antar kota seperti, Kepulauan Riau, Meranti, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Batam, Tanjung Pinang, bahkan sampai kenegara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Selain menikmati hamparan pasir sersah dari pantai ini, kita juga bisa melihat keindahan hutan Mangrove sepanjang pemandangan mata.

Keunikan dari pantai ini yaitu pasirnya yang berbeda dari pantai yang lainnya, yakni pasir putih yang merupakan fosil dari hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya, yang terjadi akibat proses alam yang panjang akibat hempasan gelombang pasang maupun surut.

Sehingga membentuk pasir ini dikenal dengan Pasir Sirsak. Dari keunikan tersebut sehingga pantai ini terlihat indah memiliki daya tariknya sendiri.

Bedanya lagi dengan pantai yang lain pulau ini memiliki warna air coklat seperti air sungai. Warna kecoklatan dari air ini bukan dikarenakan karena pencemaran laut, tapi karena memang wilayah Inhil memiliki khas air laut berwarna coklat.Sebab dekat dengan kawasan daratan gambut, dan juga pengaruh dari pantai yang membuat perubahan dari warna air.

Pengunjung tidak perlu takut dengan perbedaan air di pantai ini, air pantai ini juga sama dengan air laut lainnya, hanya warna airnya saja yang berbeda yang menjadi ciri khas dari dan keunikan dari pantai ini.

Untuk menuju kepantai solop dapat ditempuh melalui transportasi  laut, dari tempat yang dekat dengan Kabupaten Indragiri Hilir.

Jarak dari kota Tembilahan untuk menuju lokasi memakan waktu sekitar dua jam perjalanan laut. Sedangkan dari Kecamatan Mandah 20 – 40 menit. Jika dari Kota Pekanbaru pengunjung dapat menggunakan kendaraan mobil pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke Tembilahan dahulu, selanjutnya baru menggunakan boat menuju kepantai solop.

Penulis: Ismarwan



Tags:  -