4 Mesjid Keren di Riau, Asik Buat Foto-foto Sambil Wisata Religi

By Trip Riau  |  01 Februari 2017 15:38:03 WIB  |  Wisata Riau

Mesjid Raya An-Nur (ekaazzahra.wordpress.com)

TRIPRIAU.com - Riau punya beberapa mesjid yang punya arsitektur unik dan menarik. Keunikan mesjid-mesjid menjadi objek foto-foto sekaligus destinasi wisata religi bagi wisatawan.

Berikut kami rangkum empat mesjid unik di Riau, baik dari sisi arsitektur maupun kesejarahan:

1. Mesjid Raya An-Nur

(Photo By: Yul Achyar)

Mesjid ini merupakan salah satu ikon di Provinsi Riau. Berada di kota Pekanbaru, mesjid ini berdiri gagah dan megah dengan arsitektur mirip Taj Mahal di India.

Bagi para wisatawan yang datang ke Pekanbaru, mesjid ini selalu jadi tujuan untuk berfoto.

2. Mesjid Jami Air Tiris

Di Kabupaten Kampar, Riau tepatnya di Pasar Usang, Desa Tanjung Berulak, Air Tiris terdapat sebuah mesjid unik yang telah berusia lebih dari 1 abad. Mesjid Jami’ namanya, dibangun pada tahun 1901 masehi. 

Masjid Jami’ masih berdiri kokoh sampai sekarang dan menjadi simbol kehidupan masyarakat ‘’Serambi Mekah’’ yang religius.

Ada keunikan Mesjid Jami’ yang tak dimiliki oleh bangunan lainnya, yakni dibangun tanpa menggunakan paku. Seluruh bagian masjid terbuat dari kayu tanpa menggunakan besi dan paku, melainkan hanya mengandalkan pasak kayu. 

Meski begitu, mesjid ini masih terlihat kokoh, walau usianya sudah lebih dari 1 abad. Sementara arsitektur Masjid Jami’ menunjukkan adanya perpaduan gaya arsitektur Melayu dan China, dengan atap berbentuk limas. 

4. Mesjid Agung Madani

(Photo By: melayuhomeland.blogspot.co.id/)

Kabupaten Rokan Hulu Riau, Riau yang dijuluki Negeri Seribu Suluk punya sebuah ikon berupa mesjid yang sangat cantik dan megah. Biasa disebut dengan Mesjid Agung Madani Islamic Center.

Disebutkan, pembangunan mesjid ini memakan biaya hingga Rp 400 milyar dan dapat menampung sekitar 20.000 ribu jamaah.

Mesjid ini memiliki desain seperti Mesjid Nabawi di Madinah. Mesjid ini memiliki 4 menara yang tingginya 66 meter dan satu menara yang tingginya 99 meter. Dari atas menara ini kita bisa melihat pemandangan kota Pasir Pengaraian.

4. Mesjid An-Nizham

Mesjid An-Nizham berdiri unik di Desa Pantai Raja, Kampar Kiri, Kampar. Bila bepergian melewati jalan lintas Pekanbaru-Teluk Kuantan, mesjid ini akan kelihatan di sisi kiri jalan.

Meski mungil mesjid ini punya arsitektur unik. Belakangan, mesjid ini kerap menjadi objek foto para pengunjung.

Penulis: Rio Sunera  

 

 

 



Tags:  -