Wisata Dadakan yang Lagi Hits di Kampar: Hamparan Eceng Gondok

By Trip Riau  |  09 Februari 2017 15:12:51 WIB  |  News

Hamparan eceng gondok di Koto Tibun, Kampar. (Muhammad Ridho / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Sebuah danau yang dipenuhi hamparan eceng gondok di Desa Koto Tibun, Kecamatan Kampar mendadak populer. Saat mekar, bunganya yang berwarna merah menjadi lokasi yang menarik dan jadi buruan penyuka swafoto.

Hamparan eceng gondok ini pun jadi wisata dadakan. Banyak orang datang ke sana, terutama anak muda. Foto-fotonya pun kemudian jadi viral di media berbagi foto instagram.

Tempat eceng gondok ini tumbuh awalnya merupakan galian tambang, yang terbentuk seperti kolam seluas 8 hektar yang dipenuhi tanaman eceng gondok dengan bunga-bunga eceng (Eichhhoria crassipe) berwarna ungu lavender mengapung. Sehingga, memberikan keindahan tersendiri area galian tersebut.

Eceng gondok bisa tumbuh subur karena lahan tersebut tidak pernah kering. Hampir setiap hari ramai pengunjung datang untuk berfoto dengan latar belakang menyerupai taman bunga Keukenhof di Belanda.

Lokasi ini menjadi viral di instagram dengan hastag #ecenggondokkampar ataupun #ecenggondok. Tempat ini mulai dikenal banyak orang karena menarik, dan dekat dari kota Pekanbaru, yakni hanya sekitar 30 menit berkendara.   

Diakui Neysia, salah satu pengunjung, sengaja datang ketempat ini melihat tumbuhan eceng gondok dengan bunganya yang menarik.

“Awalnya melihat foto-foto di instagram, banyak yang posting foto bunga ini kelihatannya bagus,” tutur Neysia (23) saat ditemui di lokasi. Dia bersama empat teman perempuannya sibuk berfoto foto menggunakan ponsel mereka.

Untuk masuk ke tempat ini hanya dikenakan biaya parkir. Diakui Heri, penjaga parkir di taman eceng gondok, pemasukan untuk uang parkir dari pengunjung lumayan banyak.

“Setiap hari selalu banyak orang yang datang, kalau hari libur sampai Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 500 uang masuk,” tutur Heri.

Penulis: Ismarwan

Editor: Rio Sunera



Tags:  -