Riau Punya Banyak Air Terjun, Begini Tips Traveling-nya

By Trip Riau  |  13 Februari 2017 12:19:13 WIB  |  News

Air Terjun Pangkalan Kapas merupakan air terjun tertinggi di Riau.

TRIPRIAU.com – Riau punya banyak potensi air terjun. Spot-spotnya tersebar diberbagai tempat. Beberapa sudah sering di datangi pemburu air terjun, beberapa lagi masih tersembunyi.

Bahkan, Riau punya air terjun tertinggi di Sumatera yang disebut-sebut memiliki ketinggian hingga kira-kira 150 meter.

Sebagai pilihan liburan, mengunjungi air terjun pastinya menawarkan sensasi sendiri. Suasana alam dan kesegaran bisa didapatkan saat mendatangi air terjun.

Nah, berikut beberapa tips yang kiranya bisa berguna saat mendatangi berbagai spot air terjun:

1. Pahami Peta Lokasi

Berbeda dengan wisata pantai, museum, dan sebagainya, biasanya wisata air terjun infrastrukturnya belum baik. Peta lokasi akan mempermudah kita untuk mencapai lokasi. Saat ini juga sudah ada peta digital di internet yang bisa menaksir waktu dan rute terbaik untuk mencapai lokasi.  

2. Persiapkan Baju Ganti

Di lokasi air terjun, tentunya wajib basah-basahan bermain air. Usai bermain, kamu bisa mengganti baju. Bawa pula pakaian hangat agar tidak menggigil kedinginan nantinya.

3. Jangan Berdiri Tepat di Bawah Kucuran Air Terjun

Rasa penasaran mungkin mendorong kita untuk mencoba berdiri tepat di bawah kucuran air terjun. Demi keselamatan, jangan lakukan hal itu karena terkadang ada benda asing seperti batu atau potongan kayu yang ikut hanyut.

4. Gunakan Alas Kaki Antiselip

Batu-batu di sekitar air terjun biasanya licin karena permukaannya halus. Di tambah dengan banyaknya lumut yang tumbuh, batu-batu licin itu bisa membuat Anda terpeleset. Untuk keamanan maksimal, kenakan sepatu antiselip.

5. Jangan Bermain Air Saat Hujan

Jika ada tanda-tanda mau hujan, segera hentikan aktivitas dan pulang ke penginapan atau rumah. Sebab, aliran air terjun akan bertambah deras jika hujan turun.(rio/blog.docar.id)

 



Tags:  -