Inilah 5 Destinasi Pilihan di Riau yang Menarik Dikunjungi

By Trip Riau  |  14 Februari 2017 11:38:23 WIB  |  Wisata Riau

Sunrise yang begitu cantik di Pantai Pesona, Rupat Utara. Foto: (Abdul Ronny/tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Riau selalu menawarkan banyak daya tarik. Beragam spot wisata seru bisa dijumpai di berbagai tempat. Menikmati keunikan destinasinya yang punya karakter berbeda dengan daerah lain bisa jadi momen menarik.

Saat menginjakkan kaki di Riau, datangilah pesona alamnya. Kenalilah beragam tradisi budayanya. Dan jangan lupa, untuk bercengkerama dengan penduduk tempatan.

Tripriau.com mencoba merangkum 5 destinasi pilihan yang bisa dikunjungi selama berada di Riau:  

1. City Tour Siak Sri Indrapura 

Siak Sri Indrapura adalah wujud sebuah kota sejarah dan budaya yang ada di Riau. Ibukota Kabupaten Siak ini tak henti-hentinya menawarkan daya tarik kepada setiap pelancong yang datang.

Saat datang ke Siak Sri Indrapura, pelancong akan menemukan sebuah kota yang bersih, rapi, tertata, dengan banyak taman-taman di tengah kota. Suasananya yang tenang sangat cocok untuk berlibur.

Di kota yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Pekanbaru ini, banyak tur kota yang menarik untuk disinggahi. Mulai dari Istana Siak, Taman Air Mancur, Waterfront City, Kelenteng dan Kampung Pecinan, Jembatan Sultanah Latifa, Tangsi Belanda di Mempura, Balai Kerapatan Adat, hingga menikmati kuliner melayunya yang ‘aduhai’.

Baca juga: 7 OBJEK WISATA WAJIB DIKUNJUNGI DI SIAK SRI INDRAPURA

2. Wisata Ombak Bono Teluk Meranti 

Ombak Bono di sungai Kampar selalu menghadirkan rasa penasaran. Fenomena alam yang unik dan langka ini kerap menjadi tujuan para traveler dan pemburu ombak.

Pesona Tidal Bore atau yang lebih popular dengan nama Ombak Bono memang sudah menarik perhatian dunia. Jika biasanya ombak cuma bisa kita saksikan di laut, di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau kita bisa menyaksikan ombak di sungai.

Ombak yang dihasilkan pun tidak berwarna biru seperti ombak di permukaan laut. Ombak Bono berwarna coklat, sesuai dengan warna air sungai yang berwana coklat di musim penghujan.

Ombak bono yang besar hanya datang satu sampai dua periode dalam setahun, yakni sekitar bulan Maret dan Desember setiap tahunnya.

Puncak tertinggi Ombak Bono ini biasanya pada bulan purnama atau masyarakat setempat menyebutnya bulan besar, saat terjadi air pasang di laut.

Masyarakat lokal Teluk Meranti menghitung kedatangan Ombak Bono memakai hitungan bulan Arab, atau berpedoman pada siklus bulan.

Baca juga: Melihat Pesona Bono dari Dekat

 3. Wisata Petualangan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh 

Bagi para pecinta petualangan, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang berada di Kabupaten Indragiri Hulu menjadi salah satu destinasi wajib untuk didatangi. Taman nasional ini menawarkan banyak keseruan. Mulai dari jungle trekking, susur sungai, hingga menikmati atraksi kebudayaan Suku Talang Mamak.

TNBT selama ini memang selalu jadi incaran bagi pecinta petualangan. Tak hanya didominasi wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun kerap berkunjung ke sini.

Bukit Tiga Puluh terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Beberapa jenis fauna masih bisa kita jumpai di kawasan ini. Mulai dari Harimau Sumatera, Beruang Madu, Tapir, Siamang, Rusa, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw, dan aneka satwa lainnya.

Baca juga: Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Surganya Para Petualang

4. Wisata Bahari Pulau Rupat 

Pulau Rupat menawarkan banyak daya tarik. Di pulau harapan ini, pecinta perjalanan bisa berburu sunset, bermain di tepi pantai, hingga menikmati ikan-ikan segar yang dimasak dengan bumbu khas.  

Rupat merupakan salah satu pulau terluar. Letaknya bersinggungan dengan Selat Melaka. Bila cuaca bagus, pada subuh hari kita bisa melihat dengan jelas kerlap-kerlip lampu di Port Dickson, sebuah pelabuhan laut yang berada di Negeri Sembilan, Malaysia.

Di Rupat Utara, para pelancong juga mengunjungi Beting Aceh. Yaitu sebuah pulau kecil berpasir putih dengan deretan pohon Cemara Laut di tengahnya. Dari Pantai Pesona, Beting Aceh dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan menggunakan boat.

Baca juga: Ayo ke Riau, Melihat Pulau Rupat yang Memikat

5. Wisata Alam Air Terjun Pangkalan Kapas 

Air terjun Pangkalan Kapas menjadi pilihan seru untuk berwisata alam saat berada di Riau. Jatuh dari ketinggian 150 meter, air terjun Pangkalan Kapas ini tidak menyentuh tebing sedikitpun.

Tebing yang miring ke dalam membuat air langsung terjun ke bawah. Air terjun ini juga digadang-gadang sebagai air terjun tertinggi di Riau, bahkan Sumatera.

Tempias dari air terjun ini bahkan sudah terasa dari jarak beberapa meter dari kolam penampungan.

Meski belum begitu banyak dikunjungi, namun ketinggian yang dimiliki air terjun ini sudah jadi pembicaraan hangat di masyarakat.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Riau. Akses jalan yang masih sulit dan jauh menjadi tantangan tersendiri saat coba menikmati keindahan air terjun ini. Untuk mencapai air terjun ini, akan lebih seru dengan menggunakan motor atau mobil berspesifikasi khusus.

Baca juga: Wow... Inilah 5 Air Terjun Paling Populer di Riau

Penulis: Rio Sunera 

 



Tags:  -