Taman Air Mancur Sri Baduga vs Taman Air Mancur Siak Sri Indrapura

By Trip Riau  |  18 Februari 2017 15:29:12 WIB  |  News

Taman Air Mancur Siak Sri Indrapura. (Abdul Ronny / tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Taman air mancur Sri Baduga di Purwakarta, Jawa Barat jadi fenomena karena begitu indah dan unik. Namun, Kota Siak Sri Indrapura, Siak juga punya taman air mancur yang tak kalah cantik.

Sekilas, tampilan air mancur ini mirip. Keduanya juga menjadi ikon kota masing-masing. Atraksi air mancur ini juga sangat menarik minat masyarakat.

Berikut sekilas tentang keunikan kedua taman air mancur ini:

1.  Taman Air Mancur Sri Baduga

Sri Baduga menjadi salah satu taman air mancur terbesar di Asia Tenggara yang berada di Purwakarta, Jawa Barat, yang berjarak lebih kurang 2 jam dari Jakarta.

Atraksi air mancur ini merupakan rancangan putra asli Purwakarta Hery Sugihardi. Keindahan dan kemegahannya dengan cahaya warna-warni lampu laser layaknya atraksi serupa di Time of Wings Singapura atau Dubai Fountaine di Dubai, Uni Emirate Arab.

Dari sisi pencahayaan, Sri Baduga mengandalkan lima warna dominan yakni biru, merah, kuning, hijau dan ungu. Nosel (alat semburan air mancur) yang dipasang di area sekeliling kolam yang jumlahnya mencapai 2.000 buah.

2. Taman Air Mancur Siak Sri Indrapura

Taman air mancur yang ada di Siak Sri Indrapura, Siak juga tak kalah dengan Sri Baduga. Taman air mancur ini berdiri di kawasan Taman Tengku Mahratu, persis di tepian Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Sultan Ismail, tak jauh dari Istana Siak. 

Taman air mancur ini memiliki kolam yang cukup besar. Ukurannya lebih kurang 30 x 5 meter. Belasan pipa tempat pancuran air berdiri memenuhi kolam. 

Bila malam, air mancur ini sangat indah. Tata cahayanya begitu menarik dengan lampu warna-warni. Air terlihat seakan menari dengan mengikuti irama lagu Zapin Berjoget maupun Mozart yang diputar.

Taman Air Mancur yang mulai dibuka tahun lalu, seakan menjadi ikon baru kota Siak Sri Indrapura. Kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Siak.  Tapi, taman air mancur ini tak bisa dinikmati tiap malam. Air mancur cuma dinyalakan dua kali dalam sepekan, yakni malam minggu dan malam senin.  Air mancur ini biasanya mulai dinyalakan pada jam 8 malam dengan durasi tiga puluh menit.  

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -