Suka Makan Kepiting? Begini Cara Mudah Menikmatinya

By Trip Riau  |  26 Februari 2017 15:09:53 WIB  |  News

Hidangan kepiting. (Food Panda Magazine)

TRIPRIAU.com – Kepiting selama ini dikenal dengan hidangan mewah dan mahal. Wajar saja, daging kepiting sangat lezat dan kaya gizi. Bagi pemula, biasanya sangat sulit memakan kepiting dengan baik. Menyantap kepiting memang butuh seni tersendiri.

Nah, dirangkum dari Segiempat.com, ada beberapa cara agar kepiting bisa dinikmati dengan mudah dan benar.

Persiapan Sebelum Makan Kepiting

Pertama sekali, tentunya kita harus persiapkan meja makan dengan baik. Makan kepiting biasanya selalu berantakan. Meja makan akan dipenuhi noda-noda sisa kepiting.

Kita bisa meletakkan beberapa lembar kertas koran dan kertas lainnya untuk melindungi meja makan dari noda kepiting. Nantinya, setelah menyantap kepiting, meja makan bisa dibersihkan dengan mudah.

Jika membutuhkan, kita bisa menyiapkan palu kayu khusus kepiting, pisau tumpul, serta alat pemecah capit kepiting.

Cara Makan Kepiting

Pertama sekali, yang harus dilakukan adalah menarik semua kaki dan capit kepiting dengan gerakan menarik sambil memutar. Kita bisa menggunakan pisau tumpul agar dapat dimasukkan pada sendi-sendi kepiting supaya proses pencabutan kaki dan capit kepiting lebih mudah.

Terkadang, ada sedikit daging yang keluar dari kakinya. Kita dapat memakan daging tersebut.

Selanjutnya, kita bisa membuang bagian kaki (sirip) kepiting dan kemudian menyimpannya, untuk dikonsumsi di sesi berikutnya.

Baliklah kepiting untuk menampilkan bagian bawah kepiting. Bukalah bagian ‘’celemek’’ kepiting yang berbentuk seperti label.

Selanjutnya, pisahkan setengah bagian atas kepiting dengan setengah bagian bawah kepiting pada masing-masing tangan Anda, layaknya sedang membuka roti isi selai kacang dan jeli. Cabutlah cangkang bagian atas. Lakukan proses ini secara hati-hati dan perlahan. Lantas, buanglah bagian cangkang atas dari kepiting tersebut.

Editor: Rio Sunera  

 



Tags:  -