Media Sosial Penggerak Pariwisata Riau

By Trip Riau  |  02 Maret 2017 13:55:02 WIB  |  News

Istana Siak di Siak Sri Indrapura. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Media sosial mampu menggerakkan orang untuk melakukan berbagai perjalanan. Lantas mengunggahnya dalam bentuk teks, foto, maupun video.

Di media sosial, konten dan topik apapun bisa dengan mudah menjadi viral. Tidak terkecuali konten pariwisata. Media sosial pun akhirnya menjadi ‘tools’ pemasaran yang efektif sekaligus murah bagi dunia pariwisata.

Bayangkan, orang yang memotret atau ber-swafoto disebuah objek wisata, lalu memposting sebuah foto menarik bakal menuai banyak komentar. Beberapa orang lagi dengan sukarela akan memposting ulang foto tersebut di medsos pribadinya. Dalam beberapa saat, foto itu bisa saja menjadi viral di dunia maya. 

Besoknya, orang berbondong datang ke objek wisata tersebut. Kemudian, lahir postingan-postingan baru tentang objek wisata itu. Begitu seterusnya, hingga semakin viral. Begitu alur di ranah maya.

Booming pariwisata Riau setahun terakhir juga ditopang kehadiran dan aktivitas di jejaring tersebut.

Di banding media sosial lainnya, media berbagi foto Instagram mendominasi konten terkait pariwisata Riau. Akun instagram bertema ‘Wisata Riau’ semakin banyak muncul.

Di daerah, akun-akun yang membawa ‘embel-embel’ daerah pun juga tumbuh subur. Menjadi penggerak yang massif bagi sektor pariwisata di Bumi Lancang Kuning.   

Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata juga berusaha membangun aktivasi pariwisata Riau di media sosial.

Melalui pendekatan strategi POS (Paid Media, Owned Media, Social Media), Dinas Pariwisata juga ikut membuat beberapa akun media sosial. Diantaranya, Facebook, Instagram, Twitter, dan Path.

Meski belum dikelola secara optimal, kegiatan rutin dan beragam postingan destinasi wisata di Riau bisa dilihat di akun-akun tersebut.

‘’Dulu, sangat jarang misalnya, orang-orang di Riau mengeksplorasi objek wisata lokal. Sejak instagram makin hits, mereka suka melakukan perjalanan di Riau. Foto-fotonya kemudian mereka posting di Instagram,’’ kata Divisi Kampanye Media Sosial Tripriau.com, Muhammad Ridho.

Bila diamati, konten yang berkaitan dengan pariwisata Riau terus mengalam grafik naik di media sosial. ‘’Di Instagram saja misalnya, tiap hari banyak sekali follower Instagram tripriau.com yang tag foto ke kita,’’ ujarnya.

Menurut Ridho, foto destinasi air terjun paling sering diposting oleh pengguna Instagram. ‘’Kita bisa melihat banyak sekali konten berupa objek wisata air terjun di Instagram. Makanya, sekarang muncul beberapa air terjun baru di Riau. Itu karena ada yang mengeksplor,’’ ujarnya.

Ridho menambahkan, situs tripriau.com sendiri mengintegrasikan kekuatan platform media online dan media sosial untuk membangun eksistensi di dunia maya. ‘’Sekaligus, mempromosikan pariwisata Riau secara terus menerus,’’ tambahnya.   

Dengan lebih 17 ribu pengikut, akun Instagram @tripriau saat ini mampu menjadi salah satu referensi akun wisata di Riau.

Sementara di daerah, akun Instagram wisata Siak @exploresiak juga diminati dan menjadi salah satu akun populer. Akun tersebut aktif memposting konten-konten wisata di Siak.

Penulis: Rio Sunera   



Tags:  -