I-Kopi, Tempat Ngopi yang Memilih Buka di Pinggiran Kota

By Trip Riau  |  13 Maret 2017 19:04:28 WIB  |  News

Pembuatan kopi secara manual oleh barista (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Ketika banyak coffee shop memilih buka di tengah kota, i-Kopi justru sebaliknya. Tempat ngopi ini memilih buka dipinggiran kota. Sasarannya adalah pasar mahasiswa yang banyak bermukim di kawasan suburban. 

i-Kopi merupakan salah satu pemain baru di jagat 'perkopian' di Pekanbaru. Gerainya berada di Jalan Merpati Sakti, Panam. 

Dibanding coffee shop-coffee shop yang bertebaran di tengah kota, gerai i-Kopi terbilang sederhana. Mereka hanya menyewa sebuah unit ruko satu pintu. Ukurannya pun tidak begitu besar. 

Demikian juga interiornya. Tema industrial, rumahan, atau vintage yang sekarang lagi tren di banyak coffee shop tidak begitu mereka aplikasikan di i-Kopi. 

"Kita ingin menyasar pasar mahasiswa. Dibuat dilingkungan mahasiswa tujuannya agar mereka bisa menikmati kopi seduh original yang fresh dengan metode penyeduhan modern," jelas Syuib Idris, Owner i-Kopi.

Targetnya, i-Kopi mampu menyediakan harga terjangkau untuk para penikmat kopi di lingkungan kampus. 

Sebab, selama ini sebagian mahasiswa dikenal sebagai penikmat kopi pemula, bukan expert.

"Jadi, ini bisa dijadikan langkah untuk mengenalkan kopi ke para pemula," sebutnya. 

Untuk menjalin ikatan dengan pelanggan, i-Kopi menerapkan konsep story telling yang kini makin diperlukan dalam dunia pemasaran.

"Kita selalu membuat kopi sambil menceritakan asal-usul kopi, tentang daerah asal kopi. Karakter kopinya juga dijelaskan ketika kita menyeduh kopinya," jelas Syuib. 

Tujuannya, agar pengunjung tahu bahwa kopi Indonesia sangat kaya dengan karakter dan citarasa yang beragam.

"Bahkan, terkadang kita memberi kesempatan bagi pengunjung yang ingin menyeduh kopi sendiri," tutup Syuib.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -