5 Jajanan Bina Krida yang Wajib Kamu Cobain

By Trip Riau  |  21 Maret 2017 09:39:53 WIB  |  City Guide

Jalan Binakrida dekat kawasan kampus Universitas Riau Panam. (Tika Azaria / tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Bagi warga Panam, terutama mahasiswa Universitas Riau, pasti tahu Jalan Bina Krida. Jalan pendek di dekat kampus Unri itu cukup legendaris dan jadi pusat aktivitas mahasiswa.

Meski tidak terlalu panjang, tapi jalan Binkrid -- biasa disingkat -- jadi salah satu jalan yang ramai dan hidup dari pagi sampai malam.

Wajar saja disepanjang jalan ini banyak sekali orang jualan, terutama makanan. Mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan.

Nah, ada beberapa jajanan yang patut kamu coba kalau lewat jalan ini. Apa aja?

1. Bola-bola Ayam krispi

Jajanan ini baru buka sekitaran lima bulan lalu. Bola-bola ayam krispy ini jajanan sebesar telur ayam yang merupakan adonan dari tepung dan daging ayam, dibalut dengan tepung roti lalu digoreng.

Bisa dimakan hanya dengan saus sambal saja, atau ditaburi bumbu berbagai jenis rasa. Bola-bola ayam krispy ini cuma seribu rupiah, loh. Enak buat jadi camilan sore teman minum teh.

Silakan dicoba, bola ayam krispy ini buka mulai pukul 2 sore hingga malam. Lokasinya sebelah kanan, kira-kira 30 meter dari gerbang FKIP Unri.

2. Bakso dan Tahu Bakar “Teteh”

Persis di seberang jalan Bola Ayam Krispy, ada bakso bakar Teteh. Sebenarnya yang jual bakso bakar banyak banget, gak cuma di Binkrid.

Tapi, ada satu bakso bakar yang rasanya enak, bumbunya kerasa, dan ditaburi bawang goreng.

Awalnya bakso bakar Teteh ini cuma jualan dengan meja kecil aja. Karena rasanya enak dan makin rame yang beli, jadilah sekarang “Teteh” udah punya tenant sendiri.

Bahkan sekarang gak cuma bakso dan tahu bakar, di tempat “Teteh” juga menjual tempe, nugget, hingga sossis bakar. Makin banyak aja ya variannya, Teh.

3. Roti goreng isi

Lanjut dari bakso bakar “Teteh”, sekitar 100 meter ke arah ujung Manyar Sakti ada jajanan yang mesti kamu coba, roti goreng. Ini roti goreng paling laku keras.

Kalo kamu pengen cobain roti goreng ini, mesti datang cepat biar gak kehabisan.

Roti berbentuk bulat dengan berbagai varian rasa di dalamnya ini dibanderol seribu rupiah aja. Ada rasa coklat, nanas, dan kacang merah.

Rasanya beuuuh enak banget, gak usah diraguin lagi. Buka mulai pukul 4 sore. Biasanya sih pukul 6 sore udah habis. Jadi mesti 'gercep' alias gerak cepet kalo mau nyobain.

4. Gorengan perempatan

Siapa sih yang gak suka gorengan? Gorengan ini bisa dimakan kapan dan di mana aja. Gorengan juga dijual di mana saja, gak susah buat nemuin jajanan satu ini.

Tapi, kamu mesti cobain gorengan yang berlokasi di sebelah kiri di ujung jalan Binkrid, dekat perempatan menuju Manyar Sakti.

Gorengannya gede, enak, dan kriuk banget. Dijamin makan gorengan ini bikin nagih. Ada tahu goreng, risoles, bakwan, piscok, tempe, pisang goreng, dan lainnya. Biasanya buka mulai pukul 3 sore hingga malam.

Dengan seribu rupiah kamu bisa mencicipi gorengan legendaris ini. tertarik mau coba?

5. Coklat Changer

Gak lengkap kalo bahas camilan tanpa ada minumannya. Nah, buat yang suka coklat, coklat changer wajib banget kamu coba.

Sekarang udah banyak outlet coklat changer, tapi di Binkrid terbilang sudah ada cukup lama. Lokasinya sebelah kanan di samping gang Bina Bangsa.

Hanya dengan 8 ribu rupiah, kamu bisa ngerasain coklat murni yang segar. Cocok banget buat minuman sore apalagi ditemani beberapa camilan di atas. Duh, jadi ngiler.

Penulis: Tika Azaria
Editor: Rio Sunera



Tags:  -