Mau Nambah Koleksi Buku Tapi Minim Budget? Ikuti Cara Ini!

By Trip Riau  |  21 Maret 2017 09:51:31 WIB  |  News

(Foto: 4.bp.blogspot.com)

TRIPRIAU.com - Meski sekarang sudah eranya buku digital, namun sensasi baca buku sambil megang buku fisiknya itu gak ada yang bisa ngalahin.

Lihat beragam judul buku berderet cantik di rak juga ada kepuasan tersendiri, lho. Benar, gak?

Siapa bilang punya banyak koleksi buku atau novel butuh budget yang banyak juga? Mungkin masih ada yang beranggapan punya ratusan buku di rumah hanya bisa dilakukan orang yang punya duit berlebih.

Eits, tunggu dulu. Kamu juga bisa punya banyak buku kok di rumah. Mau tau gimana caranya nambah jumlah judul buku di perpustakaan pribadimu dengan biaya yang nyaris gratis? Simak tips berikut:

1. Minta buku/majalah gratis dari luar negeri

Tahukah kamu kalau ada beberapa instansi atau organisasi yang mengadakan bagi-bagi buku gratis dan bakal dikirim ke seluruh dunia.

Seperti Hakikat Kitabevi, Majalah Travel Portland, Saudi Aramco World, dan masih banyak lagi. Biasanya berjenis buku islam, majalah perjalanan, dan lainnya.

Caranya gampang, kamu tinggal mengunjungi website yang menyediakan pengiriman buku gratis (tinggal cari di mesin pencarian) lalu request di sana.

Masukkan alamat kamu lalu paket buku gratismu akan diantar langsung sampai ke alamat tujuan. Biasanya proses pengiriman paket ini butuh waktu cukup lama karena dikirim dari luar negeri. Ya, mohon bersabar aja, namanya juga paket buku gratis, kan. Yuk, dicoba!

2. Ikut Giveaway

Nah, selain kiriman buku gratis dari luar negeri, ikutan giveaway juga bisa nambah kumpulan buku kamu loh.

Jaman sekarang siapa sih yang gak punya akun Instagram? Ketikkan saja tagar #bookgiveaway, #freebooks, #booksgiveaway, #novelgiveaway atau tagar sejenisnya, bakal muncul akun-akun yang lagi ngadain kuis dengan hadiah novel.

Lumayan loh, ada yang dari akun dalam negeri juga luar negeri. Gimana Tertarik buat nyoba?

3. Datang ke Bazar Buku

Kalo ini emang gak gratis, tapi biasanya buku bazaar dijual dengan harga cuci gudang. Tapi banyak yang bilang buku di bazaar gak bagus-bagus. Eits, siapa bilang?

Banyak kok buku bagus kalo kamu sabar buat ngubek-ngubek buku yang segitu banyaknya. Kadang buku yang yang harga normalnya bisa bocorin kantong, pas lagi di bazaar harganya cuma belasan ribu bahkan lima ribuan. Ya, lagi-lagi butuh kesabaran.

Gimana? Punya koleksi buku banyak itu gak melulu nguras isi dompet, kan? Silakan dicoba, good luck.

Penulis: Tika Azaria

Editor: Rio Sunera



Tags:  -