‘Wisata Riau Harus Dijual, Bukan Hanya Diceritakan’

By Trip Riau  |  23 Maret 2017 10:14:13 WIB  |  News

Kawasan Bukit Batu Laut, Bengkalis. Salah satu destinasi wisata potensial di Riau. (Abdul Ronny / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Salah satu promosi efektif bagi pariwisata Riau adalah dengan melakukan penjualan, bukan hanya sekedar bercerita. Salah satu medium jualannya yakni melalui ajang seperti travel mart.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal ST MSi saat menghadiri sesi konferensi pers ‘Riau Travel Mart 2017’, Rabu (22/3) sore, di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Fahmizal mengapresiasi ajang ‘Riau Travel Mart’ yang diadakan ASPPI Riau, yang kali ini memasuki tahun ke-4. Ajang tahunan ini akan digelar 4-6 Mei mendatang di Pekanbaru.

Menurut Fahmi, bertemunya seller dan buyer dalam bidang pariwisata, akan ikut mendorong kemajuan pariwisata Riau.

‘’Saya berharap bukan kali ini saja. Bisa dibikin terus tahun ke tahun. Kalau bisa dua kali dalam setahun. Tergantung season-nya. Wisata, kan, cerita senang-senang. Kita harus bisa membaca apa yang mereka (wisatawan) inginkan,’’ kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, khusus Pekanbaru yang akan menjadi tempat digelarnya ‘Riau Travel Mart 2017’, sektor pariwisata cukup kuat. Hal itu bisa dilihat dari tingginya pertumbuhan hotel di kota ini.

‘’Ini menandakan demand-nya tinggi. Apalagi sekarang Pekanbaru mulai ramai saat weekend. Wisnusnya cukup banyak. Didatangi orang dari hinterland  dan kabupaten/kota di Riau,’’ sebutnya.

Kata Fahmi, pusat perbelanjaan Ramayana Pekanbaru jadi tujuan wisnus membeli produk seperti kain. ‘’Sebab, murah. Mereka bisa beli satu-satu,’’ katanya.

Selanjutnya, masalah aksesibilitas menuju Pekanbaru akan menjadi perhatian. Pihaknya sudah meminta Menteri Pariwisata untuk membuka penerbangan Bangkok – Pekanbaru dan dan Phuket – Pekanbaru.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -