Intip Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Pekanbaru

By Trip Riau  |  24 Maret 2017 14:39:33 WIB  |  City Guide

Pasar Wisata Pasar Bawah. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Akhir pekan biasanya jadi waktu yang paling dinantikan oleh semua orang. Meski jadi waktu paling favorit, banyak orang yang kadang malah bingung weekend mau ngapain. Dan sering kali yang ada cuma berdiam diri dan malas-malasan di rumah. Eitss, akhir pekan bukan berarti gak produktif dan tidur-tiduran di rumah aja, kan?

Jika kamu bingung weekend ini mau ngapain, yuk intip rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan buat mengisi libur akhir pekan di Pekanbaru. Bersantai ria tapi tetapi “berisi”.

1. Wisata sejarah di Kampung Senapelan

Pekanbaru juga punya kawasan kota tua, yakni Kampung Senapelan. Menjelajahi setiap sudut kampung Senapelan akan mengingatkan kita dengan banyaknya historis Pekanbaru tempo dulu. Pernahkah kamu menyusuri kawasan ini dengan berjalan kaki? Nah, mungkin kegiatan ini bisa kamu coba di akhir pekan ini.

Di kawasan Senapelan ini ada mesjid Raya Pekanbaru, yang merupakan mesjid tertua di Kota Bertuah. Ini sangat cocok jika kamu ingin wisata religi. Hanya berjalan sekitar 300 meter dari kawasan mesjid, ada pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Pekanbaru. Pasti sudah gak asing lagi, apalagi buat warga Pekanbaru, yakni Pasar Bawah.

Tahukah kamu dimana letak tugu nol Pekanbaru? Berada tak jauh dari lokasi perbelanjaan Pasar Bawah. Persisnya di Pelabuhan Pelindo, Kelurahan Kampung Dalam, Senapelan. Tidak cukup sampai disitu saja, masih di kawasan Kampung Senapelan, kamu bisa mengunjungi rumah Tuan Kadi atau disebut juga rumah hinggap. Rumah ini dulu menjadi tempat persinggahan Sultan Syarief Kasim II ketika berada di Pekanbaru.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyusuri jalan perdagangan yang lebih tinggi dari tanah pemukiman warga. Di sekitar sini ada perkampungan yang rumah-rumah panggungnya masih dihuni. Memuaskan hasrat kamu pecinta sejarah Kota Pekanbaru pastinya. Jika sudah lelah menyusuri jejak-jejak sejarah di Kampung Senapelan, saatnya kamu mampir di kedai kopi Kim Teng yang terkenal itu, lokasinya masih di jalan Senapelan.

Nah, gimana? Aktivitas menjelajah kawasan kota tua ini cocok buat mengisi liburan akhir pekan kamu yang tertarik dengan isu sejarah. Atau hanya sekadar ingin merasakan sensasi Pekanbaru jaman dulu.

2. Mengunjungi Perpustakaan

Pekanbaru punya perpustakaan terbesar dengan desain terbaik se-ASEAN, Perpustakaan Soeman HS di jalan Jendral Sudirman. Beruntung banget Pekanbaru punya perpustakaan sekeren ini, kan? Tapi, sebagai warga Pekanbaru, seberapa sering sih kamu berkunjung menghabiskan waktu membaca ribuan koleksi buku di sini? Paling kalau mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah atau tugas akhir.

Jika di hari kerja kamu terlalu sibuk dengan aktivitas yang padat, tak ada salahnya bermain menghabiskan waktu akhir pekan di perpustakaan Soeman HS ini. Bersantai sambil menambah ilmu akan lebih seru. Apalagi jika mengajak turut serta anak-anak dan keluarga, tentu menyambangi perpustakaan wilayah adalah aktivitas yang bisa kamu pilih. Jika puas membaca buku, kamu bisa mengisi perut di gerai makanan yang ada disana.

Selain perpustakaan wilaya Soeman HS, kamu juga bisa berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pekanbaru yang ada di Jalan Dr. Sutomo No. 1. Meski tidak sebesar dan semewah Perpustakaan Soeman HS, tapi DPK ini bisa jadi destinasi liburan akhir pekan kamu. Ada ribuan koleksi buku yang siap memuaskan rasa cinta kamu terhadap dunia literasi disini. Tak hanya itu, di DPK juga free wifi loh. Seru kan?

3. Wisata Dakwah Okura

Ini pilihan buat kamu yang ingin wisata sunnah. Bukan solat atau puasa sunnah loh, tapi kegiatan olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW. Seperti berkuda, memanah, dan berenang. Ada juga downhill, airsoft, motocross, serta paintball.

Wisata Dakwah Okura ini terletak di jalan Raja Panjang, desa Okura, Rumbai Pesisir. Wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Menghabiskan waktu liburan akhir pekan dengan laihan berkuda atau memanah dan aktivitas yang ditawarkan lainnya.

Tidak hanya menunggangi kuda, tetapi pengunjung juga diajarkan cara merawat dan memberi makan kuda. Dijamin semua yang datang pasti senang.

Weekend sambil berolahraga, siapa takut?

4. Wisata kuliner

Pekanbaru surganya pecinta kuliner. Semua jenis makanan ada di kota Bertuah ini. Mulai dari makanan luar hingga makanan tradisional tersedia. Dari pedagang kaki lima, café-café untuk kongkow bareng teman, hingga restoran mewah dan mahal.

Memanjakan lidah di akhir pekan bisa menjadi salah satu opsinya. Banyak sekali awasan kuliner di Pekanbaru. Seperti jalan Sumatera dengan berbagai kuliner enak yang dimilikinya. Ada ayam goreng sumatera, bakwan sumatera, klapper pie, iga bakar jogja, dan masih banyak lagi. Hampir di setiap jalan di Pekanbaru punya tempat makan. Tempat ngopi dengan tempat yang nyaman dan ada di seluruh penjuru kota Pekanbaru. Ada juga restoran masakan khas Melayu dan luar negeri.

Jadi, udah tau mau ngapain akhir pekan ini?

Penulis: Tika Azaria

Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -