‘Kongkow Nulis’ Berbagi Pengalaman Nulis di USU Medan

By Trip Riau  |  01 April 2017 21:38:04 WIB  |  Community

Founder Kongkow Nulis Melati Octavia saat hadir pada Seminar Nasional Pijar di Universitas Sumatera Utara. (Kongkow Nulis for tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Komunitas menulis dari Pekanbaru ‘Kongkow Nulis’, ikut meramaikan acara yang diselenggarakan oleh Pers Mahasiswa PIJAR, Universitas Sumatera Utara. Founder Kongkow Nulis Melati Octavia hadir sebagai pembicara dalam seminar nasional kepenulisan bersama penulis asal Bandung Fiersa Besari dan lifestyle blogger Medan Mollyta Mochtar.

Kongkow Nulis merupakan salah satu komunitas yang selama ini fokus dan serius dalam meningkatkan minat anak muda, khususnya di Kota Pekanbaru dalam dunia literasi.

Kongkow Nulis berperan sebagai inkubator penulis-penulis muda Pekanbaru untuk mengembangkan bakatnya dalam menulis dan mengeksplor kota Pekanbaru lewat tulisan.

“Temanya, kan, tentang kepenulisan, dan juga Kongkow Nulis dianggap serius dalam memajukan dunia literasi,” ungkap Melati kepada tripriau.com, Sabtu (1/4).

Seminar yang mengangkat tema “Write to Speak” ini diadakan pada Jumat, 31 Maret 2017 di Aula Kedokteran Fakultas Kedokteran, USU, Medan.

Selain memperkenalkan Kongkow Nulis kepada peserta, Melati juga membahas mengenai dunia tulis-menulis.

“Bahas tentang kepenulisan, gimana caranya jadi penulis profesional, apa saja yang harus diperhatikan, dan sebagainya,” ucap Melati.

Melati mengaku banyak hal yang didapatnya dari sharing dalam satu panggung bersama dua penulis yang sudah punya banyak pengalaman seperti Fiersa dan Mollyta.

Ia melihat anak-anak muda Medan gencar mempopulerkan budaya daerahnya lewat tulisan. Sehingga Medan bisa lebih terkenal baik dari segi budaya, tempat-tempat wisata, dan aset daerahnya.

“Itu yang harus kita contoh dan terapkan di Riau,” seru Memel, panggilan akrabnya.

Itulah yang hingga saat ini dilakukan Kongkow Nulis, menemukan penulis-penulis tersembunyi di Pekanbaru yang bakal jadi penulis besar dan mempopulerkan Riau nantinya.

Melati juga berharap komunitas yang concern di dunia tulis-menulis ini semakin maju dan  makin membesar.

Penulis: Tika Azaria

Editor: Rio Sunera



Tags:  -