Bagan Heritage: Mengembalikan Kejayaan Bagansiapiapi Melalui Pariwisata

By Trip Riau  |  05 April 2017 13:56:10 WIB  |  News

Suasana Kota Bagansiapiapi saat digelarnya event Bakar Tongkang. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Kejayaan Bagansiapiapi mulai luntur seiring memudarnya identitas sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar di dunia. Kejayaan itu ingin kembali diulang dengan branding baru: Bagan Heritage.

Jualannya tentu tidak lagi sektor perikanan. Namun, beralih ke pariwisata. Branding Bagan Heritage diharapkan mampu mendatangkan banyak pelancong ke Bagansiapiapi, yang berujung pada peningkatan perekonomian daerah.

Bagan Heritage merupakan warisan budaya dan sejarah yang ada di Bagansiapiapi yang kembali digali dan dijual sebagai sebuah produk wisata.

Beberapa destinasi Bagan Heritage ini antara lain, kantor cabang Bank BRI, Gereja Tua Santo Petrus, Rumah Kapitan, Rumah Sakit DR RM Pratomo, Water Leding, Kelenteng In Hok Kiong, dan Tugu Perjanjian.

Seluruhnya merupakan jejak peninggalan etnis Tinghoa dan eksistensi Belanda pada masa lampau di Bagansiapiapi.

Secara resmi, Bagan Heritage sudah di-launching Bupati Rokan Hilir Suyatno, Selasa (4/4) malam di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Merdeka ini terasa meriah dengan suguhan beragam hiburan. Diantaranya tarian Melayu, Jawa, dan Tionghoa yang memperlihatkan keberagaman suku di Bagansiapiapi.

Selain itu juga ditampilkan atraksi barongsai dan pemutaran video pariwisata Rokan Hilir.

Bupati Suyatno menyampaikan, sektor pariwisata adalah upaya menggali potensi di tengah kesulitan keuangan yang dialami Rokan Hilir saat ini.   

Untuk mendukung konsep Bagan Heritage, salah satu yang ingin kembali ditonjolkan adalah ciri khas kedai kopi yang bertebaran di tengah kota Bagansiapiapi.

‘’Nanti, salah satu jalan akan kita tutup malam hari khusus untuk tempar ngopi. Kemudian kita tambahkan lampu warna-warni biar semarak. Bagan akan dihias lampu warna-warni,’’ ujar Suyatno.

Pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 50 becak wisata untuk para wisatawan yang datang ke Bagansiapiapi.

‘’Becak ini akan dihias warna-warni dan semenarik mungkin, layaknya di Melaka. Nanti kita akan latih, dibekali ilmu sejarah supaya mereka bisa bercerita kepada wisatawan,’’ katanya.  

Sementara itu, Kepala Balitbang Provinsi Riau Dra Arbaini yang hadir mewakili Gubernur Riau menyampaikan, Bagan Heritage bernilai strategis untuk mempromosikan pariwisata di Provinsi Riau.

‘’Sebab, kegiatan ini bisa menjadi jualan utama untuk menciptakan kesan dan kenangan bagi pengunjung yang datang ke Bagansiapiapi,’’ ujarnya.

Sesuai tagline ‘The Homeland of Melayu’ pemerintah terus berupaya menggali potensi wisata daerah. ‘’Yang bermanfaat dalam menarik kunjungan wisman,’’ katanya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -