Puncak Pukatan, Destinasi Wisata ‘Kekinian’ di Kabupaten Kampar

By Trip Riau  |  26 April 2017 08:36:37 WIB  |  Wisata Riau

Pengunjung berfoto di Puncak Pukatan. (Rio Sunera / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Puncak Pukatan jadi salah satu destinasi wisata ‘kekinian’ di Kabupaten Kampar. Berfoto di ketinggian, sambil menyaksikan pemandangan alam memukau jadi daya tarik tempat ini.

Puncak Pukatan berada di kawasan XIII Koto Kampar. Berada persis di Jalan Lintas Riau – Sumbar. Dari gerbang desa Koto Mesjid, butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di tempat ini. Dari Pekanbaru waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam.  

Puncak Pukatan berada di ketinggian sekitar 50 meter. Di atas bukit, pengunjung bisa menikmati sensasi berayun di ketinggian. Dikenal dengan ayunan nirwana.  

Atraksi yang cukup menguji adrenalin ini sangat diminati pengunjung. Bahkan, foto ayunan nirwana ini sangat hits di lini masa Instagram.

Selain ayunan nirwana, belum lama ini pengelola menyediakan sebuah fasilitas untuk berfoto maupun swafoto. Fasilitas yang terbuat dari kayu ini berkapasitas dua orang. Berfoto di tempat ini jadi pilihan menarik, sebab berlatar belakang Danau PLTA Koto Panjang yang cantik.

Selain kedua atraksi itu, di Puncak Pukatan pengunjung bisa menikmati indahnya lanskap Danau PLTA Koto Panjang. Danau yang membentang luas ini makin cantik dengan lekukan bukit-bukit indah sejauh mata memandang.

Untuk naik ke Puncak Pukatan pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5 ribu. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di bawah. Naik ke Puncak Pukatan butuh sedikit nyali dan stamina. Sebab, rute yang dilewati cukup terjal dan curam. Namun, relatif aman. Sebagian merupakan tebing yang dibentuk seperti anak tangga dan sebagian lagi tangga yang terbuat dari kayu.

Puncak Pukatan makin ramai pengunjung saat akhir pekan dan hari libur yang ddidominasi remaja. Ratusan orang biasanya akan mengantre untuk bisa menikmati ayunan nirwana.

‘’Bagus sih, tapi akses ke atas agak susah. Worth it lah karena masih baru. Bagus,’’ kata Tiarani Wulandari (29), pengunjung dari Pekanbaru kepada tripriau.com, Senin (24/4). 

Penulis: Rio Sunera

  

 



Tags:  -