Strategi Grand Elite di Tengah Ketatnya Bisnis Hotel di Pekanbaru

By Trip Riau  |  04 Mei 2017 11:12:09 WIB  |  Business

Grand Elite Hotel.(Foto: Istimewa)

TRIPRIAU.com – Bisnis perhotelan di Pekanbaru makin kompetitif. Terutama, sejak jumlah hotel meningkat drastis setahun terakhir. Berbagai strategi dilakukan pengelola hotel agar tingkat okupansi terus naik.

Selain pemasukan dari hunian kamar, hotel pun dituntut jeli mengoptimalkan sumber pemasukan lain. Itu pula yang dilakukan Grand Elite Hotel Pekanbaru untuk bisa ‘survive’ di bisnis ini.

Director of Sales Grand Elite Hotel Henni Rasmonowati mengaku, hotelnya merasakan dampak dari pesatnya pertumbuhan hotel di Pekanbaru.  

Selama ini, sekitar 60 persen pasar Grand Elite Hotel diperoleh dari segmen corporate. Namun, dengan kompetisi yang kian ketat, pihaknya harus mencoba menggarap segmen lain yang tak kalah potensial. Salah satunya memaksimal keberadaan Online Travel Agent (OTA).

‘’Online Travel Agent ini tidak bisa dianggap remeh. Kita konsen, selain tetap me-maintanance market segmen lainnya,’’ ujar Henny.

Saat ini Grand Elite Hotel sudah bekerjasama dengan hampir seluruh OTA besar yang ada di Indonesia. Dampaknya cukup terasa. ‘’Meski persentasenya tidak besar, tapi cukup membantu,’’ kata Henni.

Di OTA itu, Grand Elite memberikan harga spesial bagi para pelanggan. Dengan jumlah kamar yang disesuaikan dengan permintaan.

‘’Yang jelas kita bisa melakukan dinamic rate. Misalnya, ketika di Pekanbaru sedang tidak punya iven, kita buat promo menarik di OTA. Sementara saat Pekanbaru sedang peak season, kita naikkan lagi harga kita,’’ jelas Henni.

Strategi lainnya yang tengah dijalankan Grand Elite adalah mengoptimalkan pemasaran digital, khususnya pemanfaatan media sosial.

Media sosial biasanya dimanfaatkan hotel yang berlokasi di Jalan Riau ini untuk menggenjot penjualan paket promosinya.  

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -