Naik Perahu, Menyusuri Eksotisme Sungai Kopu

By Trip Riau  |  29 Mei 2017 11:03:58 WIB  |  Wisata Riau

Menyusuri Sungai Kopu. (Muhammad Ridho / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Destinasi wisata Sungai Kopu di Kabupaten Kampar jadi pilihan menarik untuk pecinta wisata alam atau susur sungai. Dengan akses hanya lebih kurang 2,5 jam dari Pekanbaru, destinasi ini wajib masuk dalam daftar perjalanan berikutnya.

Sungai Kopu berada di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kampar, Riau. Lokasinya berada tak jauh dari objek wisata Candi Muara Takus, hanya sekitar 15 menit perjalanan.

Sungai Kopu menawarkan daya tarik sungai berbalut batu-batu purba di sisi kiri dan kanannya. Kawasan wisata alam ini juga memiliki banyak air terjun.

Untuk mencapai Sungai Kopu, pengunjung bisa memulainya dari rumah makan Mandi Angin, yang berada tidak begitu jauh dari Kantor Camat Koto Kampar Hulu.

Di Mandi Angin, pengunjung bisa memesan perahu untuk menuju Sungai Kopu dengan pemilik rumah makan bernama Hendri. Biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan antara Rp 250-300 ribu.

Perjalanan bisa dimulai dari tepian Mandi Angin. Perahu kayu bermesin 25 PK dengan kapasitas maksimal 15 orang siap mengantarkan pengunjung menikmati eksotisme Sungai Batang Kopu.

Perahu akan membawa penumpang ke arah hulu Sungai Kampar. Lanskap perbukitan dengan hamparan pohon-pohon hijau jadi pemandangan seru ketika melintasi sungai. Di beberapa titik, biasanya akan terlihat warga lokal sedang mencari udang.

Setelah lima menit perjalanan, perahu berbelok ke sebuah sungai kecil. Inilah Sungai Batang Kopu. Pengunjung langsung disuguhkan nuansa eksotis dalam balutan bebatuan yang bernuansa kuno.

Menyusuri Sungai Kopu, kita seakan dikepung kiri dan kanan oleh bebatuan yang menjulang hingga puluhan meter. Arus airnya cukup tenang, tapi tingkat kedalamannya sulit diduga.

Sungai Kopu juga menawarkan banyak spot air terjun. Diantaranya air terjun batu hidung dan air terjun lodiong. Air terjun di sini mengalir dipermukaan bebatuan, lalu jatuh ke sungai.  

‘’Jangan salah, di sana airnya dalam,’’ kata Hendri, pemilik rumah makan Mandi Angin.

Untuk biaya sewa perahu Rp 250 ribu, pengunjung bisa menikmati dua spot air terjun, yakni air terjun batu hidung dan air terjun lodiong. Di air terjun ini, kita bisa mandi sepuasnya.

Penulis: Rio Sunera   

   



Tags:  -