Akses ke Destinasi Air Terjun di Riau Buruk

By Trip Riau  |  02 Juni 2017 14:53:33 WIB  |  News

Air terjun Anak Sungai Kandi di Desa Sungai Kelelawar, Hulu Kuantan, Kuantan Singingi. (Abdul Ronny/ tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Riau menyimpan banyak sekali potensi air terjun. Spot paling banyak bisa ditemukan di Kampar dan Kuantan Singingi. Destinasi air terjun jadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke daerah tersebut.

Namun, akses jalan yang buruk menyulitkan wisatawan untuk mencapai lokasi air terjun. Pengembangan destinasi pun jadi terhambat. Padahal minat wisatawan lokal untuk mengunjungi air terjun cukup tinggi.

Di air terjun Anak Sungai Kandi misalnya. Akses jalan ke air terjun yang berada di Desa Sungai Kelelawar, Hulu Kuantan, Kuantan Singingi ini dalam kondisi parah.

Kondisi jalan menuju air terjun Anak Sungai Kandi

Air terjun yang terbilang baru ini bisa ditempuh lebih kurang 50 menit perjalanan dari Teluk Kuantan. Mendekati lokasi, sekitar 1,5 kilometer jalan masih berupa tanah dengan kondisi yang rusak parah.

Jalan ini hanya bisa diakses dengan berjalan kaki, sepeda motor, dan mobil dengan spesifikasi khusus.

Di beberapa titik, pengunjung harus menempuh jalan yang curam dan licin, sehingga perlu usaha ekstra untuk mencapai lokasi. Saat hujan tiba, kondisi jalan akan semakin sulit dilewati.

‘’Kalau naik motor susah. Jalannya licin. Motor jadi sering kandas dan tergelincir,’’ kata Panji, pengunjung yang datang dari Teluk Kuantan kepada tripriau.com.

Kondisi tak jauh beda juga bisa dijumpai di kawasan air terjun Koto Panisan, Desa Tanjung, Kota Kampar Hulu, Kampar. Akses jalan yang rusak membuat jarak tempuh dengan berjalan kaki bisa mencapai hampir 2 jam.

Penulis: Abdul Ronny

Editor: Rio Sunera 

      



Tags:  -