Warganet Bertanya, Bagaimana Cara Menuju Sungai Kopu?

By Trip Riau  |  03 Juni 2017 14:12:31 WIB  |  News

Sungai Kopu. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Sungai Kopu jadi salah satu andalan Kampar dalam menarik wisatawan. Keunikan sungai dengan bebatuan purba dan air terjun begitu menarik bagi setiap pelancong yang datang. 

Lalu, bagaimana caranya menuju destinasi wisata Sungai Kopu tersebut? Pertanyaan itu banyak dilontarkan warganet saat tripriau.com memposting foto objek wisata tersebut di media sosial. 

Sungai Kopu berada di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kampar, Riau. 

Bila perjalanan normal, dari Pekanbaru Sungai Kopu bisa ditempuh kurang dari 3 jam berkendara. 

Soal transportasi, tidak ada angkutan umum menuju Sungai Kopu. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat, maupun dengan menggunakan mobil sewaan. 

Sungai Kopu berada tidak begitu jauh dari situs candi Muara Takus. Beberapa ratus meter menjelang candi Muara Takus, pengunjung akan menemukan belokan ke kiri. Inilah akses jalan menuju Desa Tanjung. 

Sampai ke titik pemberhentian, kondisi jalan cukup mulus sebab sudah diaspal. 

Kendaraan bisa terus melaju menembus jalan desa yang asri. Sebelum bertemu pasar desa, tepatnya di pertigaan tugu, langsung belok ke arah kanan. 

Kendaraan bisa terus mengikuti jalan beraspal. Sekitar 5 menit sudah sampai di titik pemberhentian, yakni Rumah Makan Mandiangin. Dari rumah makan inilah pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Sungai Kopu menggunakan perahu kayu. Bila bingung masih bingung, tanyakan saja Rumah Makan Mandiangin kepada warga lokal. Hampir semua orang tahu rumah makan yang berdiri di pinggir sungai ini. 

Untuk mencapai air terjin Batu Hidung, per kapal dikenakan biaya Rp 250 ribu. Sementara bila sampai ke Pulau Tongah dikenakan biaya sekitar Rp 300 ribu.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -