Ritual Magis dalam Tradisi Pacu Jalur di Kuantan Singingi

By Trip Riau  |  19 Juli 2017 15:27:27 WIB  |  News

Dukun atau pawang jalur melakukan ritual magis sebelum para atlet dayung turun arena perlombaan. (Abdul Ronny / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Ritual magis menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dalam tradisi pacu jalur di Kuantan Singingi, Riau. Unsur magis dilakukan seorang dukun atau pawang jalur. Pawang jalur dianggap berperan dalam kesuksesan sebuah jalur saat perlombaan di gelanggang pacu.

Perpaduan antara kekuatan fisik dan unsur magis sangat memengaruhi ketangguhan sebuah jalur.

Sejarawan Riau Prof Suwardi MS mengatakan, keyakinan masyarakat di sana terhadap peran seorang dukun memang ada. Bahkan, seorang dukun biasanya terlibat sejak awal pencarian bahan dasar kayu untuk jalur.

Dukun dengan kemampuannya dianggap bisa menerawang kayu yang bagus untuk dijadikan jalur.

Sebab, kayu yang dijadikan jalur itu memiliki mambang atau penunggu kayu. Maka, si dukunlah yang mengetahui bagaimana cara menaklukkan kayu tersebut hingga bisa dijadikan jalur.

Dukun jalur atau ‘urang tuo’  jalur dalam bahasa halusnya pun terang-terangan menyebutkan peranan mereka sangat besar dalam kesuksesan jalur di arena lomba.

Salah satunya disampaikan Suril. Pria 60 tahun ini sudah berkecimpung sebagai dukun jalur sejak 40 tahun lalu. Saat dia masih berusia 20 tahun.

Menurutnya, tidak semua dukun jalur mampu melajukan jalurnya hingga menjadi pemenang. Artinya, kadar ilmu si dukun berbeda-beda.

Ritual si dukun biasanya berisikan doa-doa selamat dan permohonan agar anak-anak pacunya bisa mendayung jalurnya dengan kencang. Ada juga yang lebih dari itu, bisa memengaruhi semangat anak pacu jalur lawan menurun drastis.

‘’Banyak faktor yang memengaruhi jalur bisa menjadi pemenang. Peranan anak pacu dalam keserasian mendayung, jalur itu sendiri dan peranan dukun pacu. Semuanya kompleks. Percaya atau tidak peranan dukun jalur sangat menentukan,’’ katanya.  

Sumber: pacujalurkuansing.wordpress.com

Editor: Rio Sunera   



Tags:  -