Dari Peringatan Global Tiger Day 2017 di Pekanbaru

By Trip Riau  |  31 Juli 2017 02:52:34 WIB  |  News

Aksi teatrikal yang menceritakan kondisi Harimau Sumatera di Tugu Zapin depan Kantor Gubernur Riau, Sabtu (30/). Foto: Tiger Heart Riau / Antika Fardila for tripriau.com

TRIPRIAU.com - Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang yang terletak di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru sore itu terlihat tidak biasa dengan kehadiran beberapa kaum muda yang menggunakan atribut Harimau Sumatera. Tanggal 29 Juli setiap tahunnya dikenal sebagai Hari Harimau Sedunia yang dirayakan masyarakat seluruh dunia.

Tahun ini, Tiger Heart Riau selaku pelaksana perayaan Global Tiger Day di Pekanbaru kembali ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye masyarakat bersama 9 Kota lainnya di Indonesia.

Aksi ini diawali dengan aksi teatrikal yang menceritakan kondisi Harimau Sumatera di Tugu Zapin depan Kantor Gubernur Riau. Teatrikal tabur bunga sebagai bentuk keprihatinan akan kondisi Harimau Sumatera dan habitatnya di Propinsi Riau.

Selain aksi teatrikal tersebut, Tiger Heart Riau juga melakukan penggalangan Koin untuk Harimau Sumatera (Coin for Tigers) yang bertujuan menggugah masyarakat secara luas. Aksi ini dilakukan di simpang lampu merah Kantor Gubernur Riau.

Eko Jatmiko selaku anggota Tiger Heart Riau menyampaikan, “Aksi Coin for Tiger ini berasal dari filosofi koin yang sering dianggap sebagai barang recehan dan tidak bernilai. Begitu juga dengan pandangan terkait Harimau Sumatera yang berada di alam dengan kondisinya saat ini yang sering sekali luput dari perhatian kita semua".

Untuk itu kami Tiger Heart Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi Harimau Sumatera.

"Dan kita semua berharap kepada penegak hukum untuk lebih menindak para pelaku perusak lingkungan dan pemburu serta perdagangan satwa liar," katanya.

Setelah melakukan aksi tabur bunga dan koin untuk harimau, peringatan Global Tiger Day dilanjutkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang.

Kegiatan di RTH Putri Kaca Mayang merupakan kegiatan edukasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi terkait dengan status Harimau Sumatera dan habitatnya di Provinsi Riau kepada masyarakat.

"Tujuannya untuk memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat terkait dengan Harimau Sumatera," jelas Eko.

Andi, salah satu pengunjung RTH Putri Kaca Mayang menyampaikan, acara ini sangat mengedukasi masyarakat terlebih untuk kelestarian Harimau Sumatera.

"Ruang Terbuka Hijau juga merupakan sarana yang hendaknya disediakan oleh pemerintah untuk menunjang edukasi masyarakat kota Pekanbaru," sebutnya.

Peringatan Global Tiger Day di RTH Putri Kaca Mayang diisi dengan kegiatan live akustik, penampilan puisi, kuis dan edukasi terkait Harimau Sumatera.

Selanjutnya, Tiger Heart Riau yang merupakan jaringan relawan pelestarian Harimau Sumatera yang terdiri dari gabungan organisasi kampus di Pekanbaru akan melanjutkan estafet kegiatan peringatan Global Tiger Day 2017 di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pekanbaru dan kampus-kampus di Kota Pekanbaru.

 

Penulis: Dwi Adhari Nugraha

Editor: Rio Sunera



Tags:  -