5 Fakta Es Cendol Pak Jenggot

By Trip Riau  |  06 November 2017 10:01:48 WIB  |  News

Es Cendol Pak Jenggot. Rio Sunera / tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Es cendol Pak Jenggot bisa jadi pilihan wajib saat butuh minuman yang enak dan segar di Pekanbaru. Meski berjualan secara sederhana, es cendol Pak Jenggot banyak diminati.

Nah, banyak fakta unik yang layak diketahui tentang es cendol legendaris ini. Berikut kami berikan 5 diantaranya:

Sudah ada sejak 1984

Es cendol Pak Jenggot sudah ada sejak tahun 1984. Artinya, sudah lebih kurang 33 tahun es cendol ini eksis. Namun, saat itu masih jualan dengan cara berkeliling. Baru pada tahun 1993, Pak Jenggot menempati lokasi sekarang, yakni Jalan M Yamin (samping Bank Permata). 

Berjualan pakai gerobak

Meski terbilang legendaris, es cendol Pak Jenggot masih dijual secara sederhana, yakni dengan sebuah gerobak pinggir jalan. Selebihnya, ada deretan meja dan kursi dari kayu yang diletakkan di lorong sebuah ruko.

Asal mula nama Pak Jenggot

Pemilik es cendol Pak Jenggot bernama Ramli. Nama Pak Jenggot diberikan oleh pelanggannya. Sebab, pada waktu itu dagangannya belum punya nama. Nama Pak Jenggot itu melekat sampai sekarang.

Daging durian, sagu, hingga gula enau

Apa yang berbeda dari es cendol Pak Jenggot? Salah satunya adalah daging buah durian yang ada dalam semangkuk es segar tersebut.

Selain itu, ada dua varian es cendol pada isiannya. Yaitu es cendol sagu dan tepung beras. Gula enau membuat es cendol ini memiliki rasa manis yang beda.

Kisah karyawan Chevron

Waktu masih jualan keliling, ada seorang karyawan perusahaan minyak Chevron yang sering beli dagangannya. Bahkan, suatu hari si karyawan pernah memesan sebanyak 1.000 porsi es cendol untuk acara kantornya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -