Suka Sate Kampar? Kamu Wajib Simak Lima Hal Ini!

By Trip Riau  |  03 Februari 2018 14:49:31 WIB  |  News

Sate Kampar. Dok. tripriau.com

TRIPRIAU.com - Ketika berkunjung atau hanya sekadar melewati Kabupaten Kampar, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah satenya. Kuliner yang digemari banyak orang. Sebut saja sate Pak Hamsir di Rumbio, sate Ocu Iman di Penyasawan, Sate Marhadi di Ranah, dan sate-sate Kampar terkenal lainnya.

Sate Kampar punya ciri khas dan berbeda dari sate lainnya. Kamu yang memang menggemari daging yang ditusuk lalu dibakar di atas bara api ini punya perbedaan yang sebenarnya spesifik dan authentik banget. Apa saja itu? Berikut ciri-ciri sate Kampar yang mesti kamu tau.

Daging sate yang lembut

Ini ciri khas sate Kampar yang paling mencolok. Sate daging kerbau maupun daging ayamnya sudah pasti empuk dan lembut. Ini dikarenakan proses perebusan yang memakan waktu lama 3-4 jam. Selain itu juga proses perebusan yang tidak biasa mempengaruhi tekstur daging. Perebusan dilakukan menggunakan kayu bakar, bukan direbus di atas api kompor sehingga membuat daging rebusannya jauh lebih gurih dan lembut.

Kuah sate yang cair

Bisa dibandingkan dengan sate lainnya, sate Kampar memiliki kuah yang sedikit berbeda. Bedanya bisa terlihat dari kuah yang agak cair. Hal ini dikarenakan bahan untuk pembuatan kuah tidak menggunakan santan. Berbeda dengan sate Padang yang kuahnya lebih beku. Warnanya juga tidak pucat.

Kuah sate Kampar menggunakan cabe merah

Nah, masih membahas kuah sate Kampar. Jika diamati warna kuah sate ini terlihat lebih merah atau lebih berwarna. Tau sebabnya? Karena kuahnya dibuat menggunakan cabe merah yang dihaluskan. Ini berbeda dengan sate lain yang menggunakan cabe rawit atau menggunakan lada. Sehingga rasa kuah sate Kampar pedasnya lebih alami.

Tidak hanya sate daging, Ada sate lainnya

Di Kampar, tidak hanya dari bagian daging saja yang ditusuk menjadi sate, tetapi bagian lain dari kerbau juga bisa dijadiin sate loh. Kayak sate Lidah, sate jantung, hingga ada sate usus. Enak banget loh! Apalagi satenya lembut, sudah pasti menggoda banget di mulut. Jadi laper!

Membeli Tidak Harus Berdasarkan Porsi

Uniknya, membeli sate di Kampar tidak harus berdasarkan porsi yang udah ditetapkan oleh penjual. Kita bisa membeli sesuai keinginan. Berapa ketupatnya, berapa jumlah tusuk satenya. Bebas. Bahkan tak jarang masyarakat malah membeli tanpa tusuk sate alias cuma ketupat dengan kuah saja. Menarik, ya?

Penulis: Tika Azzaria

Editor: Rio Sunera 



Tags:  -