Tren Food Photography di Pekanbaru

By Trip Riau  |  23 Februari 2018 19:47:08 WIB  |  News

Foto: Istimewa/Oci YM

TRIPRIAU.com - Tren 'food photography' atau seni menjepret makanan semakin berkembang pesat, termasuk di Pekanbaru. Banyak akun-akun di media sosial yang gemar membagikan foto makanan yang menggugah dan menggoda selera.

Food photographer komersil juga ikut tumbuh. Seiring tumbuhnya permintaan foto makanan dari para pelaku di bisnis kuliner.

Hal tersebut juga diakui oleh Oci YM, seorang 'food photographer' di Pekanbaru. Dia menyebut tren foto makanan ini tengah berkembang pesat. 

"Era sosmed saat ini, bikin orang rajin buat posting kegiatannya sehari-hari, termasuk apa yang mereka makan. Untuk di Pekanbaru sendiri, bisa dibilang sama. Banyak akun sosmed yang 'share' tentang kuliner," ujar pemilik akun Instagram @Ociym kepada Trip Riau.

Seorang fotografer makanan harus bisa memberikan visual yang menarik dari hasil jepretannya. Tentu ada ilmu mengenai 'food photography' ini. 

Oci sendiri sudah mendalami dunia fotografi ini semenjak 1.5 tahun lalu dan juga bergabung dengan salah satu komunitas fotografi. 

Oci bercerita hal tersebut berawal dari keinginannya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus untuk kebutuhan blog pribadinya.

Dengan memahami hakikat dasar dari foto kuliner, tentu siapapun bisa menjadi seorang 'food photographer'.

"Siapa aja bisa memotret makanan dengan menarik, asal paham tekniknya. Nggak harus pakai kamera dengan spesifikasi tertentu, karena kamera smartphone saat ini juga udah canggih-canggih," lanjutnya.

Ketika menjepret makanan, yang paling penting adalah memahami 'senjata' yang digunakan. 

"Secara sederhana, kenali kamera yang akan kita gunakan untuk memotret, paham tentang pencahayaan, komposisi, dan styling."

Hal ini tentu penting, sebab jangan sampai hasil foto makanan kamu malah bikin orang hilang selera dan tidak ingin mencobanya. 

Jika kamu hanya mengandalkan kamera smartphone untuk berburu foto makanan, gak usah khawatir. Sebab kamu juga bisa dapetin hasil jepretan yang gak kalah menariknya. Oci juga memberikan saran untuk pengguna kamera smartphone.

“Tipsnya, paham dengan kamera smartphone kita, pencahayaan yang cukup, jangan gunakan fitur zoom dan flash. Pokoknya, ada ilmunya, kalau mau lebih lengkap, ikut workshop saya yah,” jelas Oci sambil bercanda.

Gimana? Tertarik untuk mendalami ilmu fotografi makanan

Penulis: Tika Azaria
Editor: Rio Sunera



Tags:  -